November 15, 2016 | BPS Activities
Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepusan pelayanan pelaksanaan ibadah haji,maka sejak tahun 2010 kemenag bekerja sama dengan BPS melakukan Survei Indeks Kepuasan Haji. Indeks Kepuasan Jamaah Haji Indonesia (IKJHI) naik dari tahun ketahun, pada tahun 2016 ini naik pula 1,16 poin di banding tahun 2015. “Berdasarkan hasil survei, Indeks Kepuasan Jamaah Haji Indonesia tahun 2016 sebesar 83,83 persen dengan kriteria memuaskan atau di atas standar “ ucap kepala BPS, Kecuk Suhariyanto saat merilis IKJHI 2016 di hadapan Mentri Agama (Menag) RI, Lukaman Hakim Saefuddin beserta jajaranya dan sejumlah wartawan yang berkumpul di gedung 3 lantai 2 BPS, (15/11).
Kecuk menjelaskan bahwa survei dilakukan melalui tiga metode pengumpulan data, yaitu pengumpulan kuesioner, wawancara, dan observasi kepada 14.400 responden Jamaah Haji Indonesia 2016. IKHJI 2016 menghitung tingkat kepuasan dari Sembilan pelayanan yang diberikan. Pelayanan tertinggi diraih pelayanan petugas kloter yang mencapai angka 86,14, sementara yang terendah adalah pelayanan bus (Arafah-Mina) Armina, 79,85.
Menag menyambut gembira hasil survei karena indeks tahun ini lebih baik dari tahun–tahun sebelumnya. Sangat membantu Kemenag untuk meningkatkan kualitas dalam pelaksanaan haji selanjutnya. “Undang-undang mengamanatkan pelaksanan haji diemban oleh pemerintah, dalam hal ini Kemenag. Kami bersyukur dengan hasil survei ini angka kepuasan di banding tahun lalu mengalami peningkatan , “ Ujar Sumringah.
BPS-Statistics Indonesia
Badan Pusat Statistik Kabupaten Cilacap(Statistics of Cilacap Regency)Jl. Dr Sutomo No. 16A Cilacap
53212 Telp. (0282) 534328
Fax. (0282) 535011
email : bps3301@bps.go.id
About Us